skip to Main Content

Ngeblog Paling Enak Pakai WordPress

Blogging
Blogging

Sebelum saya mengungkapkan alasannya, terlebih dahulu saya mohon maaf kepada para pengunjung blog ini kalau tampilannya berubah dan otomatis fitur dari blog ini juga berubah. Dan yang terpenting semua komentar anda terhadap tulisan pada blog sebelumnya hilang. Kondisi ini menjadi alasan utama kenapa saya harus minta maaf.

Berkaitan dengan judul posting ini, kenapa kalau ngeblog paling enak pake WordPress?. Saya beralasan begini, setelah sekian lama saya mencoba berbagai Content Management System (CMS), hanya WordPress yang memberikan fitur blogging paling lengkap dibanding dengan yang lain. WordPress dapat memberikan informasi dimana atau diperingkat berapa blog kita berada dengan BOTD-nya, WordPress mempunyai fitur pingback sehingga kita tahu kalau sedang ‘dicolek’ oleh blogger lain dan yang terpenting memberikan keleluasaan para blogger untuk menentukan seperti apa blognya. Sebelum memasang blog secara online, kita dapat mengutak-atik terlebih dahulu secara offline, sehingga dapat melakukan proses pemilihan themes, fitur-fitur dan proses kustomisasi lain. Dibanding CMS lain, WordPress mempunyai resource yang kecil, berbeda dengan Joomla yang besarnya resource 3 kali dari WordPress. Tanpa plugin tambahan, SEF (search engine friendly) WordPress lebih unggul dibanding dengan CMS lain.

Sepertinya tidak adil kalau saya terus memuji WordPress. Saya mulai terjun dalam dunia blogging pertama kali kenal dengan Blogspot, kemudian kepincut dengan WordPress. Karena dirasa kurang, saya jatuh cinta dengan Joomla, saya terus mengikuti Joomla dari versi 1.0.12 sampai dengan sekarang 1.5.15 dan selalu tertarik dengan perkembangan Joomla. Joomla mempunyai kelebihan dibanding yang lain, yaitu dukungan pihak ketiga dalam mengembangkan ekstension baik itu template, component, module sampai dengan plugin. Dukungan ini memberikan Joomla dalam memperkaya fitur terhadap web yang dihasilkan. Ibaratnya fitur apa yang diinginkan akan ada pihak ketiga yang memberikan kontribusi (walaupun kadang komersil). Sampai hari ini saya masih penasaran dengan CMS satu ini, dan terus mengupdate informasinya.

Blog ini pertama kali ada bermesin WordPress, terus berpindah ke Joomla dan sekarang kembali lagi ke WordPress. Jadi ibarat paling ke khitah-nya. Kenapa memilih WordPress ?. Karena web ini lebih tepat disebut blog, dengan fitur standar blog serta bertujuan untuk berbagi pembelajaran.

Mulai sekarang saya bisa memulai tradisi ngeblog, yaitu blogwalking dan berharap para narablog bisa bersilaturahmi sekaligus urun rembug diblog ini.

Happy Blogging !.

Gambar diambil dari sini.

0

Mas Antokoe

I'm Mas Antokoe. Just ordinary person.

This Post Has 36 Comments

    1. selain itu SEO friendly…hihihi….
      baru beberapa hari bikin blog baru dari WP aja tanpa blogwalking visitorku dah di atas 50 sehari….

      0
  1. bener mas setuju banget
    pake wordpress lebih asik
    sebelumnya saya di blogdetik dengan fitur wordpress juga tapi beda fasilitasnya
    lebih nyaman langsung di wp

    0
  2. Saya selalu menyarankan kepada teman2 di tempat kerja kalau ngeblog pakai wp saja. Kenapa wp? Karena hingga saat ini, dr hasil baca2, penyandang gelar mesin blog terhebat masih dipegang wp.

    0
  3. Setujuhhhhh juga mas, sekalian sedelapan deh, dosen tho, salam kenal pak dosen, bolehkah anda mengajari saya programming, NGAREP MODE +ON

    *Jangan jangan minta bayarannn * hihihhihii 🙂

    0
  4. saya pakai wepe karena suka saja sih, selain itu temen-temen guru banyak yang pakai wepe
    tapi kalau tujuannya bisnis mungkin pakai blogspot oke dan boleh
    salam dari kalimantan tengah

    0
  5. WP emang woke… selain themenya yang sangat menarik, tulisannyapun setelah di publish juga terlihat sangat rapi, ga acak kadul ky blog yg laennya…

    0
  6. wordpress lebih friendly SEO. kalau yang lain buat ngeBlog terlalu expert, tapi wordpress dari pemula mpe yang mahir bisa. lebih mudah, ane juga make wordpress.

    0
  7. setujuuuuuuuuu 🙂

    sebelum ngeblog.. lia sempat baca2 dulu blog apa yg bagus..
    klo msasalah theme blogspot banyak pilihan…
    tapi klo dr susunan dan lain2… memang wp lebih mudah…

    0
  8. kayanya tampilannya bagus yg sebelumnya ya pak, tp apapun yg dibuat om satu ini pasti bagus & bermanfaatt deh pokeknya , jempol 3 utk dosen ku yg satu ini

    0
  9. emang tergantung selera n tujuan membuat web/blog…..
    kalo saya masih seneng pake joomla, karena :
    1. backend sebenarnya lebih ringkas dan rapi dibanding WP
    2. manajemen arsip bisa lebih fleksibel sesuai dengan section atau category terus bisa dibuatkan langsung menu untuk mengakses arsip tersebut.
    Kelemahan :
    1. Kalah populer, karena lebih rumit dan harus nyari modul, componen, dan plugin
    2. Kalah gaul dengan WP
    3. loadingnya lebih lambat (tergantung modul, componenn dan plugin yg terpasang)

    Terlepas dari keunggulan dan kekurangan semua kembali pada para blogger. APAPUN mesinnya yang penting TETAP CONTENT NYA.
    OK, untuk mencoba blog dengan joomla silahkan kunjungi dan kasih comment disalah satu artikel : http://www.sripurwantono.web.id
    Selamat berkarya para blogger Indonesia !! Semoga Indonesia Makin cerah dan bermartabat dengan karya2 kita !!

    0
  10. Keren deh WP…..

    Btw, saya pengen tahu donk cara pake excerpt…
    biar postingan saya di halaman beranda gak ditampilin utuh….gimana ya
    sampe sekarang masih bingung nih…

    oh iya, salam kenal ya, saya Raka dari Bekasi….silahkan berkunjung ke rumah saya di http://www.noboru26.worpress.com

    0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top